z35W7z4v9z8w

GURITA- SI HEWAN CERDIK BERTENTAKEL

GURITA

Gurita adalah binatang molusca, ordo octopoda. Gurita memiliki 289 spesies diseluruh wilayah terumbu karang di seluruh samudera. Bahasa Inggris gurita adalah Octopus  atau dalam bahasa Yunani  "Ὀκτάπους" yaitu delapan kaki.

Gurita adalah binatang yang cukup pintar. Walau otaknya sebesar 'kacang kenari', ia pandai memecahkan berbagai permasalahan.

Gurita sedang membuat tempat persembunyian dari kerang dan batok kelapa.



Gurita adalah binatang soliter dan tidak memiliki cangkang maupun taring, itulah sebabnya  mereka sangat diincar oleh para predator. Jika predator pintar (atau manusia pengganggu) berhasil melihat gurita, maka gurita membeli waktu untuk pergi dengan mendepak awan tinta hitam.



Tujuan tinta tersebut bukan untuk menakuti predator, tapi tinta juga mengandung zat yang menumpulkan indra penciuman predator, membuat gurita yang melarikan diri lebih sulit untuk dilacak.

Tanpa kerangka luar atau dalam, gurita dapat menekan tubuhnya hingga dapat melewati celah atau lubang yang kecil untuk menghindar dari predator mereka.



Ada satu spesies - gurita cincin biru kecil - yang bisa nya mampu membunuh manusia.




   

Salah satu keunikkan gurita adalah, memiliki tiga jantung. Dua memompa darah melalui dua insang, sementara yang ketiga memompa darah ke seluruh tubuh.



Gurita juga memiliki mata yang luar biasa kompleks, tidak berbeda dengan mata kita sendiri.



Pupil mereka adalah celah horizontal, tidak seperti manusia yang bulat atau kucing yang meiliki celah vertikal. Yang aneh adalah bahwa mata gurita 'tetap berorientasi horizontal, terlepas dari posisi tubuhnya. Ini berarti mereka melihat sesuatu tetap sama, tak peduli  mereka sedang terbalik atau miring.

 Gurita adalah binatang ahlinya berkamuflase, berubah warna maupun meniru bentuk hewan lain. 

Satu spesies, disebut gurita mimic, tidak hanya mampu merubah warna, tapi juga mampu mengubah bentuk tubuhnya untuk meniru hewan lain.




Gurita memiliki darah biru. 



Untuk bertahan hidup di laut dalam, gurita mengembangkan darah berbasis tembaga yang disebut hemocyanin (bukan seperti kita, yang berbasis besi) yang menciptakan warna biru.

Pada salah satu lengan gurita jantan terletak alat kelamin.

Gurita umumnya memiliki sekitar 240 potrusi (tonjolan) hisap seperti cangkir pada setiap lengannya, dan pengisap yang besar dapat menahan hingga 15 kg.



Pengisap juga sangat sensitif; mereka dapat mengambil sinyal kimia halus dan bergerak secara individual, bahkan dapat dilipat setengah untuk menjepit. 




Sebanyak 1.600 cangkir hisap yang ditemukan di lengan tidak hanya organ taktil, tetapi juga bisa mencium bau.



GURITA- SI HEWAN CERDIK BERTENTAKEL GURITA- SI HEWAN CERDIK BERTENTAKEL Reviewed by Faiq HA on December 12, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. Posting animal finger nggak membosankan, sip lanjutkan.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.